Senin, 06 Januari 2014

Gumuk Parangkusumo - Bantul

Gumuk pasir atau padang pasir ternyata tidak hanya ada di Afrika. Gumuk serupa Sahara ini terletak di sebelah barat pantai Parangtritis di Yogyakarta. Lokasinya terletak antara pantai Parangtritis dan pantai Depok. Terjadinya pembentukkan gumuk ini adalah sesuatu hal unik, mengingat curah hujan di gumuk Parangkusumo adalah lokasi dengan curah hujan tinggi.

Banyak kegiatan yang dilakukan di gumuk ini, seperti manasik haji, syuting film sekala nasional hingga internasional. Ajang berfoto juga dilakukan, dari hanya sekedar berfoto dengan background padang pasir, foto preewedding hingga foto model. Bagaimana tidak dijadikan tempat syting dan berfoto? Pemandangan yang ditawarkan pasir dari merapi ini sangat menakjubkan. Ketika pagi dan sore menjelang, pattern dan tekstur guratan seperti aliran air terbentuk. Dan pada siang hari, pattern tersebut hilang karena terpaan angin.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah melakukan penanaman pohon cemara udang. Walau sudah diatur jarak penanaman semaian pohon, tetap saja terliha aneh jika dilihat. Sebenarnya, tujuan ditanam semaian pohon cemara udang ini adalah di bibir pantai dengan tujuan menghindari abrasi pantai akibat gelombang laut. Tetapi penanaman cemara udang ini yang dilakukan di gumuk ini justru dapat menghilangkan keberadaan gumuk pasir mengingat jarak gumuk dengan pantai jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar